maqam datu kalampaiyan desa kalampaiyan ilir martapura kalimantan selatan

maqam datu kalampaiyan desa kalampaiyan ilir martapura kalimantan selatan

Kamis, April 01, 2010

zuriat yg ditolong datu nya.

bercerita tuan guru H.bahrul ilmi kelayan B banjarmasin kepada salah seorang murid nya dan beliau menceritakan nya kepada penulis.

pada saat tuan guru masih belajar di pondok pasantren datu kalampaiyan di bangil jawa timur,beliau mempunyai seorang teman yg sangat susah untuk menghafal kitab dan memahaminya,teman beliau itu sudah berupaya dengan sekuat tenaga belajar dan menghafal namun hampir hampir tiada ada hasil nya selalu menjadi lupa.

ditengah keputuasannya teman beliau itu mencoba bertawasul pada datunya yaitu syaech muhammad arsyad al banjari,dia nyalakan perapen dan membikin kopi manis dan pahit dan ia adukan semua masalah nya pada datu nya,hingga ia tertidur.

didalam mimpinya ia bertemu dengan datu nya dan mendapatkan isyarat untuk tetap belajar dan jangan pernah menyerah,setelah kejadian itu ia menjadi pandai dan hafal semua pelajaran yg di berikan oleh guru guru terlebih lagi ia yg sebelum nya kurang pasih dalam membaca kitab kunig,menjadi paling fasih dan bagus dalam membaca dan memahami nya,melihat perubahan semua itu semua teman teman nya menjadi heran tetapi semua mengerti akan karamat datu kalampaiyan dan zuriat yg di kehendakinya.

melihat perubahan ini oleh guru guru nya ia di percaya untuk menggantikan beliau bila suatu waktu guru guru nya berhalangan untuk mengajar.

akhir tahun 2009 penulis menemui beliau dan mengkomfirmasi kebeneran cerita tersebut,dan beliau tersenyum,dan berkata itu hanya sebahagian kecil keramat datu kita.beliau berkata begitu karena beliau adalah sepupu 1 kali ayah penulis di kampung wali dalampagar martaoura kal sel.



oleh:

syaiful bin abdul gias al banjari.

1 komentar:

  1. begitu banyak hal yg ganjil terjadi tapi itulah bukti kebenaran dari allah swt,jngan pernah kita mengingkarinya.

    BalasHapus